Pages

Selasa, 29 November 2011

STAVOLT

STAVOLT






Stavolt adalah singkatan dari kata "stabilizer voltage" - alat ini digunakan untuk mencegah kerusakan akibat tegangan listrik yang tidak stabil (tegangan listrik jaringan apakah 1 phasa 220 Vac, atau 3 phasa 380 Vac).
Kalau statis dipakai step trafo yang memiliki hanya beberapa tap out put trafo, dan dihubungkan ke beberapa relay misalnya 5 tap,relay tersebut diatur oleh kontroler yang akan merasakan tegangan sumber, bila memakai sistem ini maka tegangan keluaran masih ada sedikit selisih dengan target 220 Vac. biasanya hanya terdengar suara klik .. klik saat relay aktif. kalau dinamis memakai servo motor, kontroler mengatur posisi servo motor pada posisi yang tepat pada tegangan 220 Vac, sehingga disini tidak memakai trafo tap lagi melainkan memakai auto trafo yang tapnya dapat digeser oleh servo motor tadi. disini tegangan output akan selalu stabil pada posisi 220 Vac, dan biasanya akan terdengar suara seerrr bila motor servonya bergeser.
Misalnya, jika tegangan listrik tiba-tiba meloncat naik 230V maka stavolt akan menetralisir tegangan tersebut sehingga arus output ke komputer tetap 220V. Seringkali orang salah kaprah, menyebut kotak hitam yang disertakan dalam paket penjualan komputer sebagai "stavolt" padahal sebenarnya alat tersebut tidak lebih dari sebuah regulator untuk menyalakan dan memadamkan aliran listrik tanpa fungsi menetralisir tegangan listrik. Stavolt yang bagus adalah jenis servo motor yang ciri khasnya memiliki jarum indikator tegangan.
Kelemahan stavolt: jika listrik padam maka komputer juga akan langsung padam. Harganya berkisar Rp.275.000,-

Bagian-bagian stavol:


  1. Regulator Elektromekanik 
  2. Stabilisator Tegangan AC
  3.  Transformator Konstan
Sumber :
http://ekaoktita.blogspot.com/2010/03/stavolt-adalah-singkatan-dari-kata.html

Diposting oleh :
Nama : Dewangga Dananjaya Fahmi S
Kelas / Absen : 9a / 08

0 komentar:

Posting Komentar