Pages

Rabu, 26 Oktober 2011

Kesenian tentang Musik di Asia

MUSIK MANCANEGARA (ASIA)

MUSIK CINA

1. Perkembangan music Cina

Bangsa Cina memiliki kekayaan budaya musical yang telah tumbuh dan berkembang sejah zaman dahulu. 7000 tahun SM , Cina telah memiliki bukti-bukti yang kuat, bahwa music sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat di Cina, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya suling Jiahu, instrument music tertua di dunia ,terbuat dari tulang binatang. Contoh alat music lainnya adalah : lonceng, drum, alat music tiup, alat music dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi dari Zeng (abad 5 SM). Mareka beranggapan bahwa music adalah totalitas kegiatan terpelajar, yang meliputi berfikir,bertindak,dan mengatur.



Sekitar abad 19 tradisi music Cina sudah mulai terpengaruh tradisi music Eropa, seperti orkes simfoni, konser opera Barat. Music kontemporer Cina adalah perpaduan antara music tradisional Cina dengan music popular Barat.

2. Ragam Musin Cina

Music Cina dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu music tradisional dan music modern.

Musik tradisional Cina mayoritas menggunakan bahasa Cina, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian berceritera, dan opera.

Music Modern mulai masuk ke Cina abad ke-19, Western Style Conversatories didirikan tahun 1920, dengan tujuan untuk melestarikan music tradisional Cina dan music modern Eropa. Music Cina modern tetap menjaga karakteristik bangsa Cina dengan mempertahankan instrument tradisionil ke dalam permainan music modern.

3. Sistem Nada

Menurut teori music Cina (2700 SM) satu oktav dibagi menjadi 12 nada, tetapi dalam permainan musiknya menggunakan 5 nada (pentatonic) 4 5 6 1 2 atau f g a c d.

4. Instrumen music Cina

Instrumen music Cina diantaranya :

a. Organ mulut (sheng)

b. Flute (dizi, ti tzu, tche)

c. Kecapi berleher lurus

d. Sitar panjang

e. Perkusi seperti ; lonceng,drum,gong,dan bel.

MUSIK JEPANG

1. Perkembangan Musik Jepang

Music tradisional Jepang dahulu sangat terpengaruh oleh perkembangan music dari daratan cina dan semenanjung Korea, tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dan ciri tersendiri. Ragam musiknya banyak digunakan dalam : acara di kuil-kuil, untuk memuja dewa, di Istana, dan untuk hiburan rakyat. Orkes gagku telah ada sejah abad 8. Sekitar abad 15 musik instrument tunggal, shamisen dan koto menjadi popular, khususnya untuk mengiringi lagu dan drama music.

Adanya Restorasi Meiji abad 18 menjadikan pengaruh Barat mulai masuk ke dalam music Jepang

2. Ragam Musik

Music Jepang dapat digolongkan ke dalam dua katagori. Yaitu : music tradisional Jepang yang pada umunya berbentuk music festival religious, nyanyian bekerja, dan pengiring tarian.

Music modern Jepang dimulai pada tahun 1867, setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang. Salah seorang guru music yang bertanggungjawab mengenalkan gaya music Eropa adalah Suzuki Shin Ichi.

3. System nada

Menggunakan tanggan nada pentatonic : 2 4 5 6 7 .

4. Instrument Musik :

a. Lute pengiring

b. Perkusi ( shoko, ko tsuzumi,taiko)

c. Harmonica mulut (sho)

d. Flute (nyuteki, nokan, shakuhaci)

e. Kecapi

f. Oboe.

MUSIK INDIA

1. Perkembangan Musik India

Music India berkembang mulai abad ke 2 SM, tepengaruh besar oleh bangsa Arya yang bermigrasi ke India. Music bagi bangsa India mempunyai arti yang sangat penting , dan besar pengaruhnya dalam magis, religious, kesusasteraan, ilmu dll. Music klasik banyak dipertunjukan dikota-kota untuk pertimbangan artistic, sedangkan music rakyat banyak ditampilkan di pedesaan menemani jalan kehidupan dan upacara agrikultur.

2. Ragam Musik

Music Klasik India dapat diketahui dari document Natya Shastra, suatu risalah drama berbahasa Sangsekerta yang ditulis kira-kira abad 2 SM. Terdapat 2 tradisi klasik yaitu : Hindustani di India Utara dan Karnatik di India Selatan.

Musik Rakyat popular, berasal dari pengaruh kuat music dalam film (soundtrack) yang cepat dikenal dan dinikmati masyarakat India .baik di daerah maupun di Kota, sejak saat itu music Populer mulai digemari di India.

3. Instrument Musik

Insrtumen music India terbagi ke dalam 2 kelompok, yaitu : insrtumen pembawa melodi/lagu , dan insrtumen pengiring. Contoh instrument pembawa lagu : kecapi ,sitar, dan sarod, veena, flute horizontal, flute double reed, dan nagasvaram.

Contoh instrument pengiring : tambura (kecapi berleher panjang), mridangam (drum dua sisi), kanjira (drum bingkai kecil), dll.

MUSIK ARAB

1. Perkembangan Musik Arab

Music Arab diyakini telah berkembang sejak abad 3 M, budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi music dinasti Sassanid di Persia (224-641), tradisi music Byzanttium (awal abad 4- 6 M), dan nyanyian religi dari daerah Semenanjung Arab. Puncak kejayaan pada masa pemerintahan Harun Al Rasyid (766-809) di Bagdad, Irak. Beliau dikenal sebagai pelindung seni music tradisi Arab . Ahli teori music yang terkenal adalah Al Farabi dan Avicenna.

2. Ragam Musik

a. Nyanyian Religi, diambil dari Al Quran, berbentuk music qasidah.

b. Music Rakyat, music tradisi rakyat ini banyak ditemui di sepanjang daerah Arab, kaya akan permainan drum perkusi,dan nada pentatonic.

c. Nyanyian Populer

Music Arab Populer merupakan perpaduan dari music Religi, dam music Rakyat ditambah iringan keyboard elektrik yang khas.

3. Instrument Musik Arab ;

a. Kecapi Eropa ( Ud, lute)

b. Flute Arab (Nay)

c. Perkusi ( kettle drum, frame drum,)

d. Rebab, biole Eropa, sitar.

e. Mizmar (Mesir)

f. Mijwij (Lebanon).



Sumber :http://spenzacep.blogspot.com/2010/07/sejarah-music-asia-china-aarab-india.html

0 komentar:

Poskan Komentar