Pages

Selasa, 29 November 2011

INKJET PRINTER

1.PENGERTIAN PRINTER INKJET

 Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

2.KEJAIBAN INKJET PRINTER

printer inkjet mungkin adalah sesuatu yang sudah biasa. Biasa banget gitu loh!! Tapi Tahukah anda bahwa printer inkjet bisa digunakan untuk membuat PCB (Printed Circuit Board) ? PCB yang biasanya dibuat dengan tembaga yang dibentuk menjadi jalur sirkuit, di larutkan dengan fericlorit, ditunggu,dll. Kini, membuat PCB bisa dibuat hanya dengan printer inkjet.  Jika anda tertarik dan ingin tahu cara membuatnya, silahkan dibaca disini. Tapi, printer ini hanya digunakan untuk membuat gambar rangkaian ke dalam kain konduktif. Anda masih harus menggambar resistnya dengan tangan. Inti dari teknologi ini adalah memungkinkan orang membuat PCB fleksibel, bisa ditekuk-tekuk, digulung, menjadi dadar PCB gulung

Selain membuat PCB, Inkjet printer juga bisa digunakan untuk membuat sel surya. HAH?? Gak percaya, silahkan dibaca disini. Secara gampang, tekniknya adalah dengan melarutkan bahan/material sel surya menjadi tinta printer. Info selengkapnya dapat anda baca pada situs milik business Journal
 

Bagaimana Head Printer bisa buntu ?

Inkjet printer mempunyai beberapa system kerja yang berbeda, tergantung pada merknya. Setiap merk punya ciri khas dan kelebihan tersendiri.
Ada beberapa macam system inkjet printer, antara lain system Micro Piezzo Crystal dan Thermal Head.
Secara umum problem itu bisa terjadi di karenakan beberapa faktor, antara lain :
  • Printer jarang di pakai / jarang di gunakan.
  • Jarang sekali melakukan maintain ( misalnya print head cleaning ).
  • Sering berganti ganti jenis dan merk tinta.
  • Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat.
Bagaimana cara untuk merawat printer ? anda bisa baca di sini.
Secara technical atau detailnya kita bisa ambil contoh merk epson,
Printer epson mempunyai resolusi printing yang tinggi , satuan resolusi ini di sebut DPI ( dot per inch ), artinya head printer epson di design sedemikian rupa sehingga nozzle pada head lebih kecil daripada head printer merk lain.
Ukuran lubang pada nozzle ini jauh lebih kecil dari pada diameter rambut manusia, bisa di bayangkan, berapakah diameter nozzle ini ? :)
Sedemikian kecilnya, kemungkinan head ini bisa buntu besar sekali, dan bila ini sudah terjadi, hanya melakukan 'print head cleaning' saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah ini.

Bagaimana Solusi nya ?

Untuk mengatasi Head / Nozzle yang buntu atau mengering, kita mempunyai solusi, yaitu cairan yang bisa melarutkan tinta, lebih tepatnya segala jenis tinta printer, baik dye ink base, pigment base ataupun durabrite ink.
Dan product ini bekerja baik pada hampir semua merk printer inkjet ( Canon, Epson, HP, Lexmark, Brother).
 Sumber:http://www.shirogadget.org/keajaiban-printer-inkjet/
               http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-pengenalan-jenis-jenis-printer/

Nama:Andriansyah Agung Ade Pratama
Kelas:9A
NO.Absen:4

0 komentar:

Posting Komentar